1. Macromedia
Flash
Macromedia Flash adalah sebuah program mutimedia dan animasi yang keberadaannya
ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat
aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film
animasi kartun, presentasi bisnis maupun kegiatan. Disamping itu, tidak menutup
kemungkinan juga dengan menggunakan secara optimal kemampuan penggunaan
fasilitas menggambar dan bahasa pemrograman pada Flash (action script) ini kita
mampu membuat game-game yang menarik.
Animasi yang
dapat dibuat pada macromedia flash dapat dibedakan menjadi beberapa jenis,
antara lain :
a.
Animasi frame by frame, adalah animasi yang dibuat hanya dengan
menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar-layer. Lama tidaknya
sebuah animasi dijalankan sangat bergantung dari jumlah frame.
b.
Animasi motion tween, merupakan bentuk animasi yang paling mendasar pada
macromedia flash 8. Animasi ini digunakan untuk menggerakkan objek dari satu
titik ke titik lain.
c.
Animasi shape tween, animasi perubahan bentuk. Dalam pembuatan animasi ini
dibutuhkan blank keyframe yaitu sebuah frame kosong yang akan digunakan untuk
menambahkan bentuk objek yang berbeda pada keyframe sebelumnya.
Pada program
Macromedia Flash dikenal istilah symbol. Symbol adalah objek yang
nantinya akan dijadikan sebuah animasi. Agar sebuah objek dapat dianimasikan,
maka objek tersebut harus dijadikan sebuah simbol dengan perintah convert to
symbol. Ketiga tipe simbol tersebut yaitu ;
1. Graphic,
digunakan untuk gambar statis dan untuk membuat potongan-potongan animasi yang
terangkum pada timeline. Kontrol interaksi dan suara tidak dapat bekerja di
dalam animasi simbol graphic.
2. Button,
digunakan untuk membuat tombol interaksi di dalam yang mampu merespon aksi
mouse.
3. Movie
clip, digunakan untuk membuat bagian animasi. movie clip mempunyai timeline
dengan multiframe sendiri. movie clip dapat berisi kontrol interaktif, suara,
maupun movie clip lainnya.
Spesifikasi
untuk Macromedia:
Spesifikasi
minimal Pentium III, RAM 256 MB yang berseting windows XP
Kelebihan
Macromedia Flash:
•
Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak
didukung oleh berbagai pihak.
•
Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
•
Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
•
Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu
elektronik iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi
web dan handphone.
•
Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD,
Televisi, Handphone dan PDA.
• Adanya
Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan
menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya
actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game
karena script dapat menyimpan variable dan
nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash
adalah program berbasis vektor.
Kelebihan
Macromedia Flash:
•
Grafisnya kurang lengkap.
•
Menunya tidak user friendly.
•
Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit.
* Sistem
operasi :
Microsoft
Windows , Mac OS X , Linux , Solaris , Symbian , Windows Mobile , Ubuntu Netbook
Edition (Optional), Maemo.
* Persyaratan
Hardware :
Intel ® Pentium
® 4 3.2GHz prosesor (dual prosesor Intel Xeon ® direkomendasikan), 2GB RAM (4GB
disarankan), 1Gb Ethernet card.
* Sistem
operasi yang didukung :
While Adobe®
Flash® Media Server runs on 64-bit hardware, it requires a 32-bit operating
system or a 64-bit operating system that supports 32-bit programs. Sementara
Adobe ® Flash ® Media Server berjalan pada perangkat keras 64-bit, hal ini
memerlukan sebuah sistem operasi 32-bit atau sistem operasi 64-bit yang
mendukung program-program 32-bit.
2. Blender:
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat
lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D,
aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur
termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan,
simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat
digital, dan rendering.
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang
dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk
dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU
General Public License).
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan
untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
1. Intel pentium III atau lebih/ AMD
dsbg
2. Ram 64Mb
3. VGA 4Mb
4. Disk Space 35Mb
5. Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan
seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta
siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time
memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri
sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai,
rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear,
scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk berbagai
sistem operasi, seperti:
a. Microsoft Windows
b. Mac OS X
c. Linux
d. IRIX
e. Solaris
f. NetBSD
g. FreeBSD
h. OpenBSD
Perangkat lunak ini berlisensi GPL
(GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat
diambil siapa saja.
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung
lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur
yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open
Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah
satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis
masing-masing.
Fitur termasuk:
1. Model :
Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
2. Rigging:
Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
3. Animasi:
Animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
Animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
4. Rendering:
Raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
Raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
5. UV unwrapping:
Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
6. Shading:
Membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
Membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
7. Fisika dan Partikel:
Sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
Sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
8. Imaging dan Komposisi:
Multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
Multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
9. Realtime 3D/Game
Penciptaan:
Editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
Editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
10. Lintas Platfrom dengan GUI
OpenGL
Seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
Seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
Kelebihan Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat
konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang
dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
*Open Source
Blender merupakan salah satu
software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk
keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public
License yang digunakan Blender.
*Multi Platform
Karena sifatnya yang open source,
Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan
Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan
berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
*Update
Dengan status yang Open Source,
Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh
lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam,
terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia
di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
*Free
Blender merupakan sebuah software
yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar
biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya
software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi
lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di
Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL.
Karena Blender GRATIS dan LEGAL
*Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih
lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender
yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing,
Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti
Blender.
*Ringan
Blender relatif ringan jika
dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk
menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran
dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa
digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih
lambat.
*Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung
dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai
yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu
mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh
nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Kekurangan Blender :
* Tools yang dimiliki tidak lengkap
seperti 3D Max
* Tampilan cukup berantakan
* Semua proses dilakukan dengan
manual
3. Autodesk 3D
Studio Max
Autodesk 3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix.
Hal ini dapat
digunakan oleh pengembang permainan video, studio TV komersial dan studio
visualisasi arsitektur. Hal ini juga digunakan untuk efek film dan pra-visualisasi.
Selain model dan alat animasi, dengan versi terbaru dari 3ds Max juga fitur
shader canggih (seperti ambient occlusion dan subsurface scattering), simulasi
dinamis, sistem partikel, radiosity, peta penciptaan normal dan rendering,
pencahayaan global, intuitif dan semuanya disesuaikan keinginan penggunan, dan
bahasa scriptnya sendiri.
Berikut akan
dijelaskan spesifikasi untuk menggunakan Autodesk 3D Studio Max :
Spesifikasi
komputer :
32-Bit 3ds Max
2011 atau 3ds Max Design 2011 untuk Windows. Sistem operasi: Microsoft ®
Windows ® 7 Professional, Microsoft ® Windows Vista ® Business (SP2 atau yang
lebih tinggi), atau Microsoft ® Windows ® XP Professional (SP2 atau yang lebih
tinggi)
Untuk animasi umum dan rendering
(biasanya kurang dari 1.000 benda atau 100.000 polygons) :
Intel ® Pentium
® 4 1,4 GHz atau AMD ® setara prosesor SSE2
2 GB RAM (4 GB
recommended) 2 GB RAM (4 GB direkomendasikan)
2 GB swap space
(4 GB recommended) 2 GB swap space (4 GB direkomendasikan)
3 GB free hard
drive space 3 GB free hard drive space
Direct3D® 10
technology, Direct3D 9, or OpenGL®-capable graphics card(256 MB or higher video
card memory, 1 GB or higher recommended) Direct3D ® 10 teknologi, Direct3D 9, atau
kartu grafis mampu ®-OpenGL (256 MB atau lebih tinggi kartu memori video, 1 GB
atau lebih tinggi direkomendasikan)
DVD-ROM drive
Microsoft®
Internet Explorer® 7.0 or higher or Mozilla® Firefox® 2.0 or higher browser
Microsoft ® Internet Explorer ® 7.0 atau yang lebih tinggi atau Mozilla ®
Firefox ® 2.0 atau yang lebih tinggi browser
Internet
connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access Koneksi
internet untuk download akses web dan Autodesk ® Berlangganan-aware
Kegunaan Autodesk 3D Studio :
Dapat
menunjukkan kepada pelanggan potensial, departemen lain atau atasan anda
tentang ide-ide atau produk baru secara lebih jelas untuk mendapatkan tanggapan
mereka sebelum memasuki proses produksi sehingga banyak biaya dan waktu yang
dapat anda hemat.
Dapat menjual
sebuah produk terlebih dahulu sebelum produk selesai diproduksi, karena telah
anda visualisasikan secara nyata, tepat dan berpresisi mendekati wujud akhirnya
melalui 3d.
Dapat membantu
anda dalam memvisualisasikan proyek arsitektur
Kelebihan
Autodesk 3D Studio :
*Mampu membuat
objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
*Mampu
memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan
tanah.
*Mampu
memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan
bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
*Dapat
menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta
diatur proses animasinya.
Kekurangan
Autodesk 3D Studio :
3D Studio max
mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi
memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan
Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks
adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat
sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk
memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas
benda kecil dalam program ini.
Kesimpulan
Saya
memilih Blender karena blender memiliki fitur yang lengkap seperti Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. blender juga relatif lebih ringan dibandingkan dengan software sejenisnya . blender juga merupakan software yang open source jadi siapa saja dapat mengembangkan software blender ini menjadi lebih baik lagi .
Sumber :
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
http://aldianapermatasari.blogspot.co.id/2013/11/macam-macam-software-animasi.html
http://dwiadywijaya.blogspot.co.id/2014/05/multimedia_5795.html
http://melianii9b26p2.blogspot.co.id/2012/08/kelemahan.htm
https://1m4m92.wordpress.com/2013/07/09/macromedia-flash-player-8-professional-fullversion/
http://3dmax123.blogspot.co.id/2016/11/kegunaan-kelebihan-dan-kekurangan-3d-max.html
https://dwiastuti281.wordpress.com/2014/06/03/makalah-macromedia-flash/
https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
http://aldianapermatasari.blogspot.co.id/2013/11/macam-macam-software-animasi.html
http://dwiadywijaya.blogspot.co.id/2014/05/multimedia_5795.html
http://melianii9b26p2.blogspot.co.id/2012/08/kelemahan.htm
https://1m4m92.wordpress.com/2013/07/09/macromedia-flash-player-8-professional-fullversion/
http://3dmax123.blogspot.co.id/2016/11/kegunaan-kelebihan-dan-kekurangan-3d-max.html
https://dwiastuti281.wordpress.com/2014/06/03/makalah-macromedia-flash/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar